Usaha Kuliner Mendorong Sektor Pariwisata

By. Eka Sari - 14 Sep 2023

Bagikan:
img

bisnisrakyat.id - Kuliner dan Pariwisata memiliki hubungan yang erat. Kuliner menjadi salah satu daya tarik wisata yang dapat menarik banyak wisatawan dalam dan luar negeri. Tentu saja, usaha kuliner memiliki peran yang sangat penting dalam mendorong kemajuan sektor pariwisata.

Baca juga: Tantangan Dalam Mewujudkan Pariwisata Sebagai Pilar Industri

Wisata kuliner di Tanah Air memiliki potensi luar biasa. Keanekaragaman dan keunikan kuliner Nusantara yang bersumber dari etnik dan budaya beragam ialah kekayaan yang pertumbuhannya harus terus digenjot.

Pemerintah terus memantapkan sektor wisata kuliner, seperti mulai menetapkan daerah di Indonesia sebagai destinasi wisata kuliner unggulan. Kuliner juga diakui sebagai ekspresif identitas dan budaya.

Ada beberapa bentuk/varian wisata kuliner yaitu Rural/urban tourism yaitu kegiatan berkunjung di restoran/tempat makan saat berwisata, festival makanan lokal karena berbeda, sebagai wujud adanya kebutuhan makan minum selama berwisata. Oleh karena itu wisata kuliner diyakini mampu menjadi unsur utama yang berfungsi sebagai perekat terhadap rangkaian berwisata, mengingat kepariwisataan merupakan sektor yang multi-atribut dan prospektif sebagai pintu gerbang sekaligus citra pariwisata Indonesia.

Usaha penyediaan makanan dan minuman memainkan peran penting dalam pengembangan pariwisata di Indonesia. Berikut dalah beberapa peran usaha kuliner berkontribusi terhadap perkembangan pariwisata:

Baca juga: Cabai Dalam Bingkai Statistik di Indonesia

Tentu saja, usaha kuliner memiliki peran yang sangat penting dalam mendorong kemajuan sektor pariwisata. Ini terkait dengan aspek ekonomi bisnis yang Anda sebutkan dalam profil Anda. Berikut beberapa cara bagaimana usaha kuliner berkontribusi terhadap perkembangan pariwisata:

1. Wisata Kuliner

Banyak wisatawan mencari pengalaman kuliner unik saat mereka mengunjungi suatu tempat. Kuliner khas daerah menjadi daya. Wisatawan lebih tertarik untuk mencicipi makanan khas daerah yang tidak bisa ditemukan di tempat lain. Hal ini menggerakkan industri kuliner lokal dan membantu menarik lebih banyak wisatawan.

2. Peningkatan Lapangan Kerja

Usaha kuliner mempekerjakan banyak orang, mulai dari koki, pelayan, hingga petugas kebersihan. Ini menciptakan lapangan kerja dalam sektor pariwisata dan membantu meningkatkan tingkat pengangguran di wilayah tersebut.

3. Promosi Destinasi

Kuliner yang unik dan lezat seringkali menjadi daya tarik utama dalam promosi suatu destinasi pariwisata. Ini dapat membantu meningkatkan popularitas dan kunjungan ke daerah tersebut. Pemerintah Indonesia terus memantapkan sektor wisata kuliner, seperti menetapkan daerah di Indonesia sebagai destinasi wisata kuliner unggulan.

4. Dampak Ekonomi

Restoran dan tempat makan seringkali membeli bahan-bahan lokal, seperti produk pertanian dan makanan laut. Ini mendukung ekonomi lokal dan petani setempat.

5. Pertukaran Budaya

Kuliner juga merupakan cara untuk memahami budaya suatu daerah. Wisatawan dapat merasakan budaya lokal melalui makanan, dan ini dapat meningkatkan pemahaman lintas budaya.

Baca juga: Jumlah Penduduk Indonesia Terhadap Permintaan Cabai

Jadi, usaha kuliner memiliki dampak yang signifikan dalam mendorong perkembangan sektor pariwisata, dan hal ini berkaitan dengan faktor-faktor ekonomi bisnis yang memengaruhi organisasi dan perekonomian lokal.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp