Alasan Mengapa Akuntasi Penting Untuk Diterapkan

By. Aditya Reyhan Yafi W. - 11 Oct 2023

Bagikan:
img

bisnisrakyat.id - Menerapkan akuntansi memiliki banyak manfaat, terutama dalam hal konteks bisnis dan organisasi. Tanpa adanya praktik akuntansi, akan berbagai masalah-masalah dan tantangan yang muncul.

Seperti ketidakpastian keuangan, kesulitan perencanaan keuangan, kesulitan mengambil keputusan, risiko keuangan yang lebih besar, kehilangan dana dan peluang, kesulitan dalam kepatuhan hukum, kesulitan dalam menarik investor dan kreditur. Apabila itu terjadi, akan berdampak buruk pada stabilitas keuangan dan tidak mampu mencapai tujuan keuangan yang diinginkan.

Baca juga: Berikut adalah Standar Akuntansi Keuangan dan Prinsip Dasarnya

Berikut beberapa alasan mengapa pentingnya menerapkan akuntansi, yaitu:

1. Memantau Kinerja Keuangan

Akuntansi memungkinkan kita melacak dan menganalisis kinerja keuangan perusahaan/bisnis secara berkala. Dengan adanya informasi ini, dapat mengidentifikasi tren positif atau negatif, mengukur profitabilitas, dan mengambil tindakan perbaikan yang diperlukan.

2. Keputusan Yang Tepat

Akuntansi membantu pemilik dan manajer bisnis agar dapat membuat keputusan yang lebih baik. Misalnya, informasi biaya dan pendapatan dapat digunakan untuk menentukan harga jual yang optimal, mengambil keputusan investasi, atau mengevaluasi kelayakan suatu proyek bisnis.

3. Kepatuhan Terhadap Hukum

Praktik akuntansi memungkinkan organisasi untuk mematuhi peraturan dalam pelaporan keuangan dan persyaratan hukum. Hal ini penting dalam memastikan bahwa perusahaan atau organisasi tidak melanggar undang-undang yang dapat berujung adanya sanksi atau tindakan hukum.

4. Ciptakan Kondisi Keuangan dan Investasi yang Menguntungkan

Para calon investor, kreditur, dan mitra bisnis sering kali memerlukan pelaporan keuangan yang akurat sebelum mendanai atau bergabung dengan suatu perusahaan. Akuntansi yang baik dapat meningkatkan akses kita terhadap pendanaan dari luar.

5. Perencanaan Keuangan yang Lebih Baik

Adanya informasi akuntansi yang tepat dapat merencanakan anggaran, mengelola arus kas, serta mengindentifikasi peluang pengurangan biaya. Hal ini penting mengingat untuk selalu menjaga stabilitas keuangan dan pertumbuhan bisnis.

6. Pengendalian Biaya

Dengan melalui analisis biaya dan pendapatan, akuntansi dapat membantu untuk mengindentifikasi area dimana untuk mengurangi biaya dan meningkatkan efisiensi operasional.

Baca juga: Mengenal Akuntansi, Jenis Laporan, Tujuan, dan Manfaatnya

7. Pengungkapan Kecurangan

Akuntansi membantu mendeteksi adanya fraud atau kecurangan, manipulasi keuangan, maupun penggelapan dana yang dapat merugikan organisasi, perusahaan/bisnis. Hal ini bertujuan untuk menjaga integritas dan kejujuran dalam berbisnis.

8. Perencanaan Pajak

Akuntansi membantu untuk merencanakan strategi perpajakan yang optimal untuk mengurangi kewajiban pajak Anda, serta memanfaatkan insentif pajak yang tersedia.

9. Evaluasi Kinerja Karyawan

Akuntansi dapat digunakan untuk mengevaluasi kinerja karyawan dan mengatikan dengan hasil keuangan perusahaan. Hal ini membantu mengevaluasi kinerja dan membaut keputusan mengenai insentif dan kenaikan gaji.

10. Transparansi dan Kepercayaan Pemangku kepentingan

Laporan keuangan yang ditulis dengan baik dan transparan akan meningkatkan kepercayaan pemegang saham, investor, dan pemangku kepentingan lainnya terhadap suatu organisasi atau perusahaan.

Baca juga: 10 Strategi Branding UMKM yang Efektif di Era Digital




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp