Inilah Hal-Hal yang Dilarang Dalam Akuntansi, Simak Yuk!

By. Aditya Reyhan Yafi W. - 11 Oct 2023

Bagikan:
img

bisnisrakyat.id - Dalam praktik akuntansi, menjaga integritas dan etika dalam praktik akuntansi sangat penting untuk memastikan kepercayaan, integritas, keakuratan, etika dalam pengelolaan keuangan suatu unit bisnis atau organisasi, serta patuh pada undang-undang hukum dan standar akuntansi yang berlaku.

ada beberapa hal yang perlu dihindari, diantaranya:

1. Manipulasi Data

Jangan coba-coba untuk memanipulasi data atau informasi keuangan dengan cara yang tidak sah untuk menghasilkan laporan yang lebih menguntungkan atau lebih menarik. Ini termasuk menghindari pengecilan kerugian atau melebih-lebihkan keuntungan. Karena hal ini termasuk pelanggaran serius terhadap prinsip-prinsip etika dan hukum akuntansi. Praktik ini dapat merugikan perusahaan, investor, dan semua pihak yang bergantung pada laporan keuangan yang jujur dan akurat. Sehingga laporan keuangan yang tepat menggambarkan dasar keputusan bisnis yang baik dan transparansi yang diperlukan untuk menjaga integritas pasar keuangan.

Baca juga: Mengenal Akuntansi, Jenis Laporan, Tujuan, dan Manfaatnya

2. Pemalsuan Dokumen

Jangan membuat dokumen palsu atau memalsukan tanda tangan, faktur atau bukti lainnya demi keuntungan finansial. Termasuk memalsukan tanda tangan pada transaksi atau laporan keuangan. Karena merupakan tindakan illegal dan tidak etis yang dapat memiliki konsekuensi serius, termasuk tindakan hukum dan kerugian finansial.

3. Konflik Kepentingan

Menghindari konflik kepentingan dimana Anda sebagai seorang akuntan atau professional akuntansi, bekerja dengan laporan keuangan. Konflik kepentingan merupakan masalah serius yang dapat merusak integritas dan menurunnya kepercayaan public.

4. Data yang Tidak Akurat

Pastikan bahwa data yang sudah dicatat dan laporan yang dihasilkan sudah akurat dan tepat. Karena data yang tidak akurat merujuk pada informasi keuangan yang tidak mencerminkan kenyataan atau fakta. Kesalahan yang disengaja atau bentuk kelalaian dapat menimbulkan konsekuensi yang serius seperti merugikan pemegang saham, menciptakan masalah hukum, atau mengganggu kemampuan perusahaan untuk mengambil keputusan yang tepat.

5. Lupa Aturan dan Prinsip Akuntansi

Jangan pernah mengabaikan atau melupakan prinsip dan peraturan akuntansi yang berlaku. Menggunakan prinsip akuntansi yang salah atau melanggar peraturan dapat merusak integritas pelaporan keuangan.

6. Tidak Memisahkan Aset Pribadi dan Aset Bisnis

Penting untuk memisahkan dengan jelas antara aset pribadi dengan aset bisnis, jangan pernah mencampurkan dana pribadi dengan dana perusahaan, karena tindakan tersebut memiliki banyak konsekuensi serius seperti masalah hukum, perpajakan, menimbulkan kebingungan, dan kesulitan pencatatan laporan keuangan. Sehingga harus memisahkan rekening bank, catatan keuangan, dan aset fisik yang digunakan dalam bisnis dengan keperluan pribadi.

Baca juga: Pentingnya Menerapkan Akuntansi Bagi Pelaku UMKM

7. Ketidaktepatan Pajak

Pastikan sudah mematuhi peraturan perpajakan yang berlaku. Apabila menghindari pembayaran pajak atau mencoba memanipulasi kewajiban pajak merupakan bentuk pelanggaran hukum dan dapat menimbulkan masalah yang serius dengan otoritas pajak.

8. Kehilangan Dokumen dan Bukti Transaksi

Selalu menyimpan dokumen dan bukti-bukti transaksi dengan baik. Kehilangan atas dokumen-dokumen tersebut dapat mempengaruhi akurasi laporan keuangan dan kepatuhan pajak, serta mempersulit verifikasi atau klarifikasi transaksi di masa depan.

9. Ketidakpatuhan Terhadap Etika Profesional

Hal ini merupakan tindakan atau perilaku yang melanggar prinsip-prinsip etika dan kode etik yang berlaku dalam profesi akuntan. Dapat merusak reputasi seorang akuntan, firma akuntansi, atau perusahaan. Hal itu juga dapat mendatangkan konsekuensi hukum, seperti sanksi dari badan pengawas profesi akuntan, serta tindakan hukum perdata atau pidana.

10. Pengabaian Pelaporan Keuangan

Hal ini merupakan tindakan yang serius dan dapat memiliki berbagai konsekuensi seperti pelanggaran hukum, kehilangan kepercayaan pihak luar, kerugian keuangan, ketidakpastian manajemen, dan keterlambatan dalam mendeteksi masalah keuangan. Sehingga penting untuk menghindari pengabaian pelaporan keuangan dengan selalu menjaga kedisiplinan dalam mencatat dan pelaporan keuangan sesuai persyaratan hukum dan standar akuntansi yang berlaku.

Baca juga: Cara Memperbaiki Pembukuan Akuntansi Bagi Pemula




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp