Kedelai: Kandungan Nutrisi dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

By. Eka Sari - 17 Oct 2023

Bagikan:
img

bisnisrakyat.id - Kedelai disebut sebagai “superfood” karena merupakan sumber protein nabati yang lengkap dan kualitasnya hampir setara dengan protein hewani. Dibandingkan kacang-kacangan lainnya, kedelai memiliki keunggulan yaitu mengandung lebih banyak protein dan lemak dibandingkan kacang-kacangan lainnya, serta relatif rendah karbohidrat.

Baca juga: Cabai: Fakta Menarik dan Kandungan Nutrisi

Kedelai mengandung berbagai nutrisi penting, vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Nutrisi apa saja yang ada pada kedelai? Simak pemaparannya berikut ini:

1. Mengurangi Risiko Kanker

Konsentrasi isoflavon, atau senyawa khas tumbuhan dalam kedelai yang berperan sebagai antioksidan, disebut-sebut mampu menurunkan risiko kanker. Hal tersebut tertuang dalam penelitian yang dipublikasikan di Frontiers Media SA. Konsumsi tinggi kedelai dan isoflavon kedelai dapat melawan kanker, terutama pada wanita. 

2. Mendukung Kesehatan Tulang

Konsumsi kedelai secara tidak langsung dapat meningkatkan kekuatan tulang dengan menggantikan protein hewani dalam pola makan. Pasalnya, mengonsumsi protein kedelai mengurangi ekskresi kalsium dibandingkan protein daging dan susu.

3. Mengontrol Diabetes

Manfaat kedelai lainnya adalah dapat menjaga kestabilan kadar gula darah. Pasalnya isoflavon dalam tubuh mampu meningkatkan kontrol glukosa dan menurunkan resistensi insulin tubuh.

4. Melancarkan Sirkulasi Darah

Baca juga: Cabai: 9 Manfaat Untuk Kesehatan Apabila di Konsumsi

Zat besi dan tembaga adalah dua nutrisi yang ditemukan dalam kedelai. Kedua nutrisi ini sangat penting untuk produksi sel darah merah. Produksi sel darah merah yang tepat dalam tubuh membantu tubuh berfungsi secara optimal. Selain meningkatkan fungsi pembuluh darah dengan meningkatkan oksida nitrat dan mengurangi stres oksidatif pada wanita sehat, kedelai dikatakan dapat mengurangi kekakuan pembuluh darah. Manfaat ini terkait dengan kandungan isoflavon, antosianin, dan flavan-3-ol pada kedelai yang mampu mencegah stres oksidatif yang biasanya menyebabkan kekakuan pembuluh darah. 

5. Mendukung Kesehatan Pencernaan

Kedelai memiliki kandungan serat yang baik. Serat dapat merangsang gerak peristaltik sehingga mencegah berbagai gangguan pencernaan

6. Jantung Lebih Sehat

Pola makan nabati yang sehat dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Dengan kata lain, dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Kedelai memiliki efek antiinflamasi, perangsang kolagen, antioksidan, pencerah kulit, dan pelindung sinar UV. Oleh karena itu, makanan ini bermanfaat untuk kesehatan kulit. Ekstrak kedelai mampu mengurangi peradangan akibat sinar UV dan juga meningkatkan elastisitas kulit.

Baca juga: Daging Ayam: Manfaat Kesehatan dan Kandungan Nutrisi

Nah itu tadi beberapa nilai gizi dan manfaat kedelai. Ingatlah selalu untuk  menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarga. Salah satu pilihannya adalah mengonsumsi makanan sehat seperti kedelai.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp