MYOB (Mind Your Own Business): Pengertian dan Cara Kerjanya

By. Aditya Reyhan Yafi W. - 18 Oct 2023

Bagikan:
img

kontenPedia.com - MYOB merupakan singkatan dari “Mind Your Own Business” merupakan perangkat lunak yang merujuk serangkaian perangkat lunak akuntansi dan manajemen keuangan.

MYOB sendiri dirancang untuk membantu bisnis kecil dan menengah untuk mengelola aspek keuangan suatu bisnis. MYOB memudahkan pengguna untuk melakukan berbagai pekerjaan terkait keuangan seperti pencatatan transaksi harian, manajemen stok barang, perhitungan dan manajemen gaji karyawan, pelaporan keuangan, serta membantu memantau dan pemeuhan persyaratan pajak.

Dengan software ini bisnis dapat dipantau dan kelola keuangan lebih efisien, mengurangi kesalahan manusia dalam pencatatan, serta menghasilkan laporan keuangan yang akurat.

Cara kerja dari MYOB ini bervariasi tergantung versi software dan kebutuhan bisnisnya. Pemilik bisnis dan akuntan sering menggunakan MYOB untuk memudahkan kerjaannya dalam mengelola bisnis dan pemenuhan persyaratan akuntansi dan pajak.

Baca juga: Ekuitas: Salah Satu Peran Kunci di Laporan Posisi Keuangan

Berikut di bawah ini cara kerja MYOB (Mind Your Own Business) sebagai perangkat lunak akuntansi dan manajemen keuangan.

1. Pemasangan dan Konfigurasi Awal:

Langkah pertama yang dilakukan adalah menginstal software ini pada komputer atau perangkat Anda. Jika instalasi sudah selesai, MYOB akan meminta pengaturan awal terkait pemilihan mata uang, format tanggal, dan lain-lain sesuai kebutuhan bisnis.

2. Pencatatan Transaksi:

Pengguna MYOB memulai mencatat semua transaksi keuangan sehari-harinya, baik dari penjualan, pembelian, penerimaan maupun pembayaran. Transaksi ini dapat dimasukkan secara manual atau diimpor dari sumber eksternal yang tersedia.

3. Manajemen Stok (Bila Diperlukan):

Bagi pebisnis yang memiliki ketersediaan barang, MYOB dapat memungkinkan untuk memantau dan manajemen stok. Hal ini mencakup dari pencatatan persediaan barang awal, penambahan stok, penjualan, dan pengurangan stok.

Baca juga: Inilah Hal-Hal yang Dilarang Dalam Akuntansi, Simak Yuk!

4. Penggajian Karyawan (Bila Diperlukan):

Perangkat lunak MYOB dapat digunakan untuk menghitung dan mengelola gaji karyawan. Hal ini mencakup perhitungan gaji, potongan pajak, dan menerbitkan slip gaji.

5. Pelaporan Keuangan:

MYOB berguna untuk menerbitkan laporan keuangan yang digunakan oleh pemilik bisnis dan pemangku kepentingan lainnya. Yang dimana laporan tersebut meliputi neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas, dan lain-lainnya.

6. Memantau dan Memenuhi Pajak:

Perangkat lunak ini membantu untuk memahami dan memenuhi kewajiban pajak. Terkait dengan perhitungan pajak dan menyediakan dokumen yang dibutuhkan untuk pelaporan pajak.

7. Real-time dan Analisis:

Perangkat lunak ini dapat memantau keuangan secara real-time sehingga membantu para pengguna mengambil keputusan dengan cepat. Pengguna juga bisa menganalisis data keuangan untuk membuat keputusan yang lebih cermat.

8. Backup dan Keamanan Data:

MYOB memiliki fitur keamanan dan data cadangan agar data keuangan bisnis tetap aman dan dapat dipulihkan sewaktu-waktu terjadi masalah atau kehilangan.

Baca juga: Inilah Pajak-Pajak yang Wajib Dibayar oleh Perusahaan




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp