Pengertian, Peran, dan Manfaat dari Sales Order

By. Aditya Reyhan Yafi W. - 18 Oct 2023

Bagikan:
img

bisnisrakyat.id - SO atau bisa kita kenal Sales Order adalah pesanan yang dikeluarkan oleh suatu bisnis kepada pelanggan terkait dengan penjualan produk atau jasa, dikutip dari Wikipedia.

Sales Order (SO) yaitu suatu dokumen tertulis yang dibuat suatu perusahaan dalam menanggapi permintaan dari pelanggan terkait pembelian barang atau jasa dengan mencatat pesanan secara detail, seperti nama customer, alamat pengiriman, deskripsi produk atau jasa, kuantitas, harga, dan syarat-syarat lainnya.

Sales Order (SO) salah satu peran penting dalam dunia bisnis dimana berperan dalam mengelola transaksi penjualan dan memantau terkait pendapatan perusahaan. Dalam konteks akuntansi, Sales Order memiliki manfaat dan elemen yang penting.

Sales Order tidak hanya mencatat pesanan saja, namun juga memainkan peran dalam proses akuntansi di perusahaan.

Baca juga: Cara Memperbaiki Pembukuan Akuntansi Bagi Pemula

Beberapa Peran Sales Order (SO) dalam Akuntansi:

Pengenalan Pendapatan: Sales Order (SO) mengawali dengan proses pengenalan pendapatan, meskipun pendapatan sebenarnya akan diakui setelah barang dikirim dan faktur telah dibuat, namun Sales Order mencatat pesanan yang akan datang. Hal ini dilakukan agar dapat melacak pendapatan yang diharapkan.

Pencatatan Transaksi: dalam Sales Order membuat catatan penting dalam sistem akuntansi perusahaan. Hal ini mencakup rincian pesanan, tanggal pesanan, serta informasi pelanggan. Setelah pesanan telah diselesaikan, data tersebut dapat digunakan untuk pencatatan akuntansi yang akurat.

Pengelolaan Persediaan: Sales Order membantu dalam mengelola persediaan. Dengan mencatat pesanan yang diterima, perusahaan dapat mengantisipasi permintaan pelanggan dan mengatur produksi barang. Hal ini dikarenakan untuk menghindari kelebihan atau kekurangan persediaan barang.

Anggaran Penjualan: mengumpulkan data-data dari Sales Order, perusahaan dapat mengatur anggaran penjualan yang lebih baik, dan membantu dalam merencanakan sumber daya dan strategi penjualan yang lebih efisien.

Penghindaran Kesalahan: Sales Order memastikan pesanan pelanggan telah dicatat dengan benar, agar terhindar dari kesalahan pengiriman atau faktur yang dapat menimbulkan kesalahpahaman dengan pelanggan.

Baca juga: Apa Saja Kelebihan dan Kelemahan Zahir Accounting?

Mengoptimalisasi penggunaan Sales Order dalam akuntansi, antara lain:

  • Automatisasi Proses, dengan menggunakan software akuntansi yang terintegrasi dapat membantu otomatisasi proses Sales Order, sehingga mengurangi terjadinya kesalahan manual dan lebih efisien.
  • Pelatihan dan Kesadaran, bahwa pentingnya untuk memahami Sales Order bagi tim penjualan, customer service, dan akuntansi serta dalam memastikan pencatatan yang akurat dengan saling bekerja sama.
  • Integrasi dengan Sistem Akuntansi, pada Sales Order pastikan sistem telah terintegrasi dengan sistem akuntansi suatu perusahaan, agar memudahkan dalam pencatatan dan pelaporan.

Beberapa manfaat dari penggunaan Sales Order (SO).

Pencatatan Pesanan yang Akurat: membantu dalam mencatat pesanan pelanggan lebih rinci meliputi deskripsi produk, jumlah, harga, dan syarat lainnya.

Pengelolaan Persediaan yang Efisien: perusahan dapat memantau permintaan pelanggan dan mudah dalam mempersiapkan persediaannya. Hal ini agar tidak terjadi kekurangan atau kelebihan stok yang dapat merugikan bisnis.

Penjadwalan Produksi: membantu perusahaan dalam menjadwal produksi yang lebih akurat berdasarkan permintaan dari pelanggan. Sehingga bisa mengurangi biaya produksi.

Terhindar Kesalahan Penjualan: hal ini agar perusahaan dapat terus menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan dan menghindari konflik-konflik lainnya.

Catatan Historis: catatan historis berguna pada saat audit dan pelaporan. Sehingga perusahaan dapat melacak perkembangan bisnis mereka dari waktu ke waktu.

Peningkatan Pelayanan Pelanggan: perusahaan dapat memberikan pelayanan kepada pelanggan lebih baik karena para pelanggan menerima informasi terkait status pesanan, perkiraan pengiriman yang lebih akurat.

Pengelolaan Kas yang Lebih Baik: pengelolaan Sales Order yang efisien dapat membantu perusahaan mengendalikan arus kas yang lebih baik, dan membantu likuiditas dan bisnis yang berkelanjutan.

Baca juga: Inilah Bidang-Bidang di Akuntansi




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp