Intip! 5 Fakta Menarik dari Padi

By. Eka Sari - 19 Oct 2023

Bagikan:
img

bisnisrakyat.id - Padi merupakan tanaman yang pada akhirnya menghasilkan butiran beras yang menjadi makanan pokok  hampir sebagian besar masyarakat Indonesia. Beras seolah menjadi komoditas penting karena setiap orang selalu membutuhkannya.

Jika kamu mengunjungi beberapa kawasan yang masih asri dan jauh dari perkotaan, kamu bisa menjumpai persawahan dengan tanaman padi. Dalam artikel ini akan dibahas beberapa fakta menarik dari padi. Yuk Simak lebih lanjut!

Baca juga: Kandungan Gizi: Beras Basmati Merah, Beras Basmati Putih, dan Beras Putih Biasa

1. Bukan Tanaman Asli Indonesia

Ketersediaan beras saat ini menjadi kebutuhan besar bagi banyak masyarakat di Indonesia dan seluruh Asia. Namun ternyata padi bukanlah tanaman asli Indonesia, meski kehadirannya diperlukan untuk memenuhi segala kebutuhan konsumsi.

Menurut IASbaba, banyak penelitian yang menunjukkan bahwa beras sebenarnya berasal dari India Selatan. Pada saat yang sama, ada beberapa beras lain yang berasal dari Tiongkok bagian timur. Beras baru mencapai Indonesia sekitar tahun 1000 SM.

2. Penanaman dapat Dilakukan Dengan Menggunakan Polibag Dan Sistem Hidroponik

Saat ini, hampir semua orang mungkin beranggapan bahwa menanam padi sebaiknya dilakukan di lahan persawahan yang basah dan tanahnya basah. Meski ternyata tidak demikian, karena padi bisa ditanam di lingkungan lain. Menurut Steemit, padi kemungkinan bisa ditanam pada sekitar 20-25 polibag. Bahkan, menanam padi juga bisa dilakukan dengan sistem hidroponik yang menggunakan pipa, pompa, dan tangka.

3. Dapat Tumbuh di Seluruh Wilayah Daratan Bumi Kecuali Antartika

Baca juga: Beras Basmati, Beras Yang Kaya Akan Manfaat

Dilansir dari EHC.Edu padi merupakan tanaman dengan sejarah yang sangat panjang, namun nyatanya keberadaannya dapat ditemukan dimana saja di muka bumi kecuali Antartika. Di negara-negara subtropis, padi mungkin memerlukan waktu-waktu tertentu dalam setahun agar dapat tumbuh dengan baik. 

4. Tanaman Pangan Terbesar Ketiga di Dunia

Selama ini mungkin kamu berpikir bahwa padi merupakan bahan makanan yang dibutuhkan oleh semua orang di Bumi, khususnya kawasan Asia. Hal ini memang karena kebanyakan orang mengonsumsi nasi sebagai makanan utama, namun ternyata tak demikian.  Dilansir Down to Earth, ternyata padi menjadi sumber pangan terbesar ketiga di dunia, setelah jagung dan gandum.

5. Terdapat Puluhan Ribu Varietas di Dunia

Varietas setiap jenis tanaman  selalu  berbeda-beda, termasuk padi. Ternyata jenis padi banyak sekali, sehingga tak heran jika kehadirannya tersebar hingga ke seluruh dunia. Menurut Rice Association, diperkirakan lebih dari 40 ribu padi dibudidayakan. Namun sebenarnya masih ada sekitar 90 ribu sampel yang tersedia dan perlu penelitian lebih lanjut. 

Baca juga: Melirik Peluang Usaha Olahan Makanan Berbahan Dasar Beras Basmati

Itu tadi 5 fakta menarik mengenai tanaman padi sangat bervariasi dan beragam. Apakah kamu tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang tanaman yang banyak dikonsumsi banyak orang ini?




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp