Keterikatan Akuntansi dengan Pasar Modal

By. Aditya Reyhan Yafi W. - 20 Oct 2023

Bagikan:
img

bisnisrakyat.id - Apa itu akuntansi? Akuntansi merupakan seni dalam mencatat, meringkas, menganalisis, dan melaporkan data yang saling berkaitan dengan transaksi keuangan perusahaan. Tujuan dari proses akuntansi yaitu sebagai pencatatan transaksi keuangan yang lebih detail atau terperinci, kemudian juga untuk mengetahui laba rugi perusahaan dan dasar estimasi posisi keuangan bisnis dan pengambilan keputusan.

Kemudian pasar modal yaitu tempat pertemuan antara penjual dan pembeli instrumen keuangan. Di dalam pasar modal tersebut surat-surat berharga seperti saham maupun lainnya diperjualbelikan. Pasar modal juga sebagai komponen penting di perekonomian global.

Baca juga: Ketahui Tentang Liabilitas di Dalam Neraca

Kepercayaan investor sebagai salah satu elemen penting dalam menjaga stabilitas pasar modal. Sehingga akuntansi berperan penting untuk menyediakan informasi keuangan yang akurat dan transparan.

Adapun beberapa manfaat pasar modal dimana sebagai wadah saran investasi kepada investor, indikator tren ekonomi, dan peran dalam mengalokaskan sumber dana secara optimal dan investasi yang dapat dipilih masyarakat.

Hubungan Antara Akuntansi dengan Pasar Modal Seperti Apa?

Cara terpenting akuntansi memengaruhi pasar modal yaitu melalui transparansi keuangan. Perusahaan yang terdaftar di bursa efek diwajibkan oleh OJK harus menyusun laporan keuangan yang sesuai dengan standar akuntansi yang ketat dan mem-publish laporan keuangan tersebut yang telah diaudit oleh auditor eksternal dan telah mendapatkan opini.

Para investor menggunakan informasi laporan keuangan tersebut untuk mengetahui dan memahami kinerja keuangan perusahaan serta dapat membuat keputusan investasi.

Baca juga: Pengertian dan Metode Kas Kecil (Petty Cash)

Selain itu, investor juga menggunakan data akuntansi untuk menyeleksi investasi tujuan mereka. Dimana data keuangan tersebut menampilkan data-data seperti profitabilitas, pertumbuhan, risiko serta stabilitas keuangan perusahaan.

Para investor menggunakan analisis rasio keuangan untuk mengevaluasi finansial perusahaan yang sehat, serta menggunakan data akuntansi untuk mengidentifikasi tren atau pola yang memengaruhi harga saham suatu perusahaan.

Melibatkan metode-metode analisis seperti analisis fundamental dengan memeriksa laporan keuangan, dan analisis teknikal dengan memeriksa pergerakan harga saham dari waktu ke waktu.

Akuntan diharuskan independen dalam menciptakan full disclosure laporan keuangan perusahaan. Begitu juga auditor harus independen dalam memberi opini terkait laporan keuangan. Sehingga dapat menjaga kepercayaan para investor terkait data keuangan yang akurat dan benar.

Oleh sebab itu, hubungan antara keduanya yaitu akuntansi dan pasar modal memiliki ikatan yang penting dalam menjaga kepercayaan investor. Akuntansi dalam memberikan informasi keuangan dapat membantu investor untuk menentukan keputusan investasi berdasarkan fakta.

Baca juga: Alasan Mengapa Akuntasi Penting Untuk Diterapkan




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp