Kandungan Selenium Pada Daging Ayam

By. Agritio Amanusa - 06 Apr 2023

Bagikan:
img

bisnisrakyat.id - Daging ayam merupakan sumber protein hewani yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Selain mengandung protein, daging ayam juga mengandung sejumlah mineral penting untuk kesehatan, salah satunya yaitu selenium. Berikut ini pembahasan secara lengkap tentang kandungan mineral selenium dalam daging ayam dan manfaatnya bagi kesehatan.

Baca Juga: Sebab Terjadinya Penyakit Ayam Broiler

Selenium adalah mineral esensial yang diperlukan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh, fungsi tiroid, dan pembentukan sperma pada pria. Selenium juga berperan sebagai antioksidan, membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Daging ayam adalah sumber yang baik dari selenium. Menurut data dari Departemen Pertanian Amerika Serikat, daging ayam mentah mengandung sekitar 22,5 mikrogram selenium per ons (28 gram) daging. Berikut merupakan manfaat Selenium bagi kesehatan:

Baca Juga: Kenali Daging Beku Ayam Broiler

1.Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Selenium membantu meningkatkan produksi sel-sel darah putih yang berfungsi melawan infeksi dan penyakit.

2.Meningkatkan kesehatan jantung
Selenium membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dengan mengurangi peradangan dan membantu menjaga elastisitas pembuluh darah.

Baca Juga: Kenali Vitamin B12 Pada Daging Ayam

3.Membantu menjaga kesehatan tiroid
Selenium diperlukan untuk produksi hormon tiroid, yang mengatur metabolisme tubuh dan membantu menjaga berat badan yang sehat.

4. Melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif
Selenium berperan sebagai antioksidan, membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Daging ayam mengandung mineral selenium yang penting bagi kesehatan. Selenium membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan jantung, membantu menjaga kesehatan tiroid, dan melindungi sel-sel tubuh.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp