Sorgum: Mengenal Varietasnya di Indonesia, Ada Sorgum Manis

By. Eka Sari - 26 Oct 2023

Bagikan:
img

bisnisrakyat.id - Pernahkah kamu mendengar istilah sorgum? Tanaman ini mungkin belum sepopuler jagung atau padi, namun tanaman ini digunakan sebagai alternatif sumber makanan selain padi dan gandum.

Baca juga: Sorgum, Tanaman Alternatif Pengganti Beras dan Gandum

Sorgum merupakan salah satu tanaman pangan yang tumbuh subur di daerah dengan iklim tropis. Tanaman ini dikenal dengan ketahanannya terhadap kekeringan, sehingga dapat tumbuh dengan baik meski terpapar panas matahari yang terik. Seperti di Indonesia, sorgum memiliki memiliki potensi yang sangat besar untuk tumbuh dan di Indonesia, terdapat beberapa jenis atau varietas sorgum yang umumnya ditanam. Beberapa di antaranya termasuk.

1. Sorgum Manis (Sorghum Bicolor Var. Saccharatum)

Sorgum manis adalah varietas sorgum yang biasanya digunakan sebagai sayuran atau dikonsumsi sebagai makanan langsung. Biji sorgum manis lebih besar dan rasanya lebih manis daripada varietas sorgum yang digunakan sebagai pakan ternak. Sorgum manis sering digunakan dalam hidangan penutup atau salad.

2. Sorgum Biji (Sorghum Bicolor Var. Bicolor)

Sorgum biji adalah varietas yang biasanya ditanam untuk menghasilkan biji sorgum yang dapat digunakan sebagai pangan atau pakan ternak. Di Indonesia, sorgum biji juga dapat digunakan dalam pembuatan tepung, makanan olahan, dan produk pangan lainnya.

3. Sorgum Sorgho (Sorghum Bicolor Var. Sorghum)

Sorgum sorgho adalah varietas yang umumnya digunakan untuk produksi bahan pakan ternak. Varietas ini sering digunakan dalam pertanian ternak sebagai sumber pakan hijauan atau jerami.

Baca juga: Tepung Sagu: Kandungan Gizi dan Manfaat Kesehatan

4. Sorgum Gula (Sorghum Bicolor Var. Saccharatum)

Sorgum gula adalah varietas sorgum yang memiliki potensi untuk digunakan dalam produksi gula. Sorgum ini menghasilkan batang yang kaya akan sukrosa, yang dapat diekstrak untuk membuat gula sorgum.

5. Sorgum Waxy (Sorghum Bicolor Var. Cerosum)

Sorgum waxy adalah varietas yang memiliki biji dengan kadar amilosa yang rendah sehingga bijinya lebih "waxy" atau lengket. Hal ini membuatnya cocok untuk digunakan dalam industri makanan dan pangan olahan.

6. Sorgum Pewarna (Sorghum Bicolor Var. Technicum)

Sorgum pewarna adalah varietas yang bijinya digunakan untuk produksi pewarna alami. Warna biji ini dapat bervariasi dari merah hingga ungu dan dapat digunakan dalam industri tekstil dan pangan.

Baca juga: Cek 8 Bisnis Makanan Ini, Jika Ingin Produkmu Laris Manis

Pilihan varietas sorgum yang cocok untuk ditanam di Indonesia tergantung pada tujuan penggunaannya, seperti konsumsi manusia, pakan ternak, atau tujuan industri khusus. Penting untuk berkonsultasi dengan ahli pertanian setempat atau lembaga pertanian untuk mendapatkan rekomendasi varietas yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp