Sorgum: 8 Fakta Menarik Alternatif Pengganti Beras

By. Eka Sari - 27 Oct 2023

Bagikan:
img

bisnisrakyat.id - Nilai gizi sorgum sebagai bahan pangan ternyata cukup lengkap dari segi kalori, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, zat besi, fosfor dan vitamin B1. Sorgum juga dikenal tinggi serat, antioksidan, bebas gluten, dan indeks glikemiknya lebih rendah dibandingkan beras. Oleh karena itu, sorgum cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Baca juga: Sorgum: Mengenal Varietasnya di Indonesia, Ada Sorgum Manis

Tapi seperti apa rasanya sorgum? Apakah bisa selezat nasi? Berikut fakta lengkap tentang sorgum.

1. Tanaman Kuno

Sorgum telah ditanam selama ribuan tahun dan memiliki sejarah panjang dalam budaya pertanian di berbagai bagian dunia. Ini adalah salah satu tanaman biji-bijian tertua yang diketahui.

2. Sumber Karbohidrat

Sorgum merupakan sumber karbohidrat yang baik. Biji-bijian sorgum kaya akan karbohidrat kompleks, yang memberikan energi tahan lama.

3. Gluten-Free

Sorgum bebas gluten, sehingga aman dikonsumsi oleh mereka yang memiliki alergi gluten atau intoleransi gluten, seperti penderita celiac disease.

4. Beragam Varietas

Baca juga: Sorgum, Tanaman Alternatif Pengganti Beras dan Gandum

Ada beberapa varietas sorgum, termasuk sorgum biji, sorgum gula, sorgum biskuit dan sorgum tebu. Masing-masing memiliki penggunaan yang berbeda, baik untuk konsumsi manusia, pakan ternak, atau bahan baku biofuel

5. Penggunaan Global

Sorgum adalah makanan pokok di beberapa negara, terutama di Afrika dan Asia. Di Amerika Serikat, sorgum sering digunakan sebagai pakan ternak.

6. Makanan Sehari-hari

Sorgum dapat digunakan dalam berbagai hidangan, seperti roti, kue, sereal, dan pasta. Tersedia dalam bentuk tepung, sorgum juga dapat digunakan sebagai pengganti tepung gandum dalam berbagai resep.

7. Kandungan Antioksidan

Sorgum mengandung senyawa antioksidan, seperti tannin dan fenolik, yang memiliki potensi manfaat kesehatan, seperti perlindungan terhadap kerusakan sel dan radikal bebas.

8. Ketahanan terhadap Kekeringan

Baca juga: Tepung Sagu: Kandungan Gizi dan Manfaat Kesehatan

Sorgum dikenal sebagai tanaman yang sangat tahan kekeringan. Ini dapat tumbuh dengan baik di daerah yang memiliki curah hujan rendah atau mengalami kekeringan, menjadikannya tanaman yang penting untuk ketahanan pangan.

Fakta yang menarik bukan? Jadi gimana tertarik untuk mencoba sorgum?




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp