6 Tips Hemat Agar Terhindar Dari Bokek Akhir Bulan

By. Eka Sari - 27 Oct 2023

Bagikan:
img

bisnisrakyat.id - Di akhir bulan alias tanggal tua, penting bagi kamu untuk berhemat sebelum gajian tiba. Tak dipungkiri pengeluaran sehari-hari, kebutuhan mendesak, tagihan bulanan hingga pengeluaran tak terduga seringkali membuat bokek diakhir bulan.

Namun jangan khawatir hal ini dapat diatasi dengan 6 tips hemat ini yang bisa kamu lakukan agar tetap survive sambal menunggu tanggal gajian tiba. Berikut adalah beberapa tips yang akan membantu sobat kontenPedia untuk mengatasi tantangan keuangan di akhir bulan.

Baca juga: Tips Memilih Bisnis Rumahan, Cocok Bagi Ibu Rumah Tangga

Tentu, berikut beberapa tips hemat akhir bulan yang mungkin dapat membantu Kamu:

1. Buat Anggaran

Mulailah dengan membuat anggaran bulanan yang mencakup semua pemasukan dan pengeluaran, termasuk kebutuhan pokok seperti makanan, tempat tinggal, transportasi, serta tagihan bulanan seperti listrik, air, dan internet. Hal ini sangat penting kamu lakukan, supaya kamu tahu apakah kondisi finansial keluarga sebenarnya sehat atau tidak. Dengan rutin mencatat semua pengeluaran, kamu bisa tahu alokasi anggaran selama satu bulan mengarah pada pembelian apa saja. Selain itu, mencatat anggaran juga membuat kamu lebih mudah untuk melakukan evaluasi dan mengatur kembali finansial rumah tangga pada bulan berikutnya.

2. Membuat Daftar Prioritas

Identifikasi pengeluaran yang tidak dapat dihindari, seperti kebutuhan dasar, dan yang dapat dikurangi atau hindari, seperti makan di luar atau belanja barang mewah. Prioritaskan pengeluaran yang paling penting. Dengan demikian, kamu bisa mengontrol pengeluaran tumah tangga dan bisa lebih banyak menabung atau memanfaatkan anggaran untuk biaya mendesak.

3. Cari Promo dan Diskon

Ketika memang ingin membeli sesuatu di akhir bulan, sobat kontenPedia dapat memanfaatkan diskon dan promo untuk berhemat. Seiring dengan perkembangan teknologi, banyak aplikasi dan situs web yang menawarkan promo dan diskon menarik untuk berbagai produk dan layanan. Manfaatkan kesempatan itu untuk mendapatkan keuntungan ekstra di akhir bulan. Cari promo dan diskon yang sesuai dengan kebutuhan

Baca juga: Ingin Belanja Sayur dan Bahan Pokok Secara Online? Cek Tipsnya Disini

4. Tabung Sebagian Gaji

Cobalah untuk menyisihkan sebagian dari gaji ke rekening tabungan setiap bulan. Ini adalah langkah penting untuk membangun dana darurat dan masa depan yang lebih stabil secara finansial.

5. Hindari Utang Tambahan

Hindari menggunakan kartu kredit atau pinjaman tambahan pada akhir bulan kecuali benar-benar diperlukan. Utang tambahan hanya akan menambah beban keuangan.

6. Hindari Impulsive Buying

Menghindari pembelian impulsif juga merupakan cara yang sangat penting untuk menghemat uang. Pembelian impulsif sendiri merupakan kondisi ketika membeli suatu produk secara tiba-tiba tanpa berpikir panjang. Artinya, kamu harus cerdas dalam mengambil keputusan pembelian agar tidak membuang-buang uang. Contoh sederhananya, sebelum kamu memutuskan untuk membeli suatu produk tertentu, cobalah memberi diri kamu waktu beberapa hari untuk melihat apakah benar-benar membutuhkan produk tersebut. Jika kamu tidak mempertimbangkan untuk membelinya lebih dari seminggu, berarti kamu tidak membutuhkan produk tersebut.

Baca juga: Beras Merah: Tips dan Trik Memulai Bisnis Olahan Makanan

Ingatlah bahwa hemat uang memerlukan kesadaran dan disiplin. Selalu penting untuk memiliki rencana keuangan yang solid dan menjalankannya dengan konsisten.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp