Tips Liburan Hemat di Akhir Tahun, Cocok Untuk Mahasiswa

By. Eka Sari - 29 Oct 2023

Bagikan:
img

bisnisrakyat.id - Sebentar lagi memasuki liburan akhir tahun. Bagi yang memiliki hobby travelling tentu bisa memanfaatkan waktu liburan, baik itu sendiri atau bersama keluarga atau teman. Secara khusus bagi para mahasiswa yang ingin liburan dengan dana terbatas, maka butuh tips liburan hemat. Ini dia beberapa tips liburan hemat untuk kamu. Meski murah namun semua dapat diatur sehingga liburan menjadi menyenangkan. Apakah kamu tertarik?

Baca juga: Mau Memulai Bisnis Street Food? Cari Tips Untuk Memulainya di Sini

Tentu, berikut adalah beberapa tips untuk berlibur hemat di akhir tahun:

1. Rencanakan Liburan Jauh-Jauh Hari

Mulailah merencanakan liburan kamu beberapa bulan sebelumnya. Ini akan memberi kamu lebih banyak waktu untuk mencari penawaran dan diskon yang baik-baik saja.

2. Pantau Promo dan Diskon

Tetapkan peringatan untuk mengawasi promo dan diskon liburan yang mungkin muncul di akhir tahun. Situs web perjalanan dan aplikasi sering menawarkan penawaran spesial.

3. Pilih Destinasi yang Terjangkau

Pertimbangkan untuk pergi ke destinasi yang lebih dekat atau yang lebih ekonomis untuk menghemat uang perjalanan. Jika kamu berencana untuk bepergian internasional, pertimbangkan negara dengan biaya hidup yang lebih rendah.

4. Pergi saat Diluar Musim Liburan

Menghindari bepergian selama musim liburan utama bisa sangat menghemat uang. Hindari puncak musim liburan seperti Natal dan Tahun Baru jika memungkinkan.

5. Gunakan Transportasi Umum

Jika mungkin, gunakan transportasi umum di tempat tujuan Kamu daripada menyewa mobil atau menggunakan taksi. Ini seringkali lebih ekonomis.

Baca juga: Tips Memilih Bisnis Rumahan, Cocok Bagi Ibu Rumah Tangga

6. Pilih Akomodasi yang Terjangkau

Kamu dapat menghemat uang dengan memilih penginapan yang lebih terjangkau seperti hostel, guesthouse, atau apartemen sewa daripada hotel mewah.

7. Bawa Bekal Sendiri

Selama perjalanan, bawa bekal sendiri untuk menghemat uang makanan. Ini juga dapat membantu kamu menjaga diet dan kesehatan makanan.

8. Gunakan Aplikasi Perjalanan

Aplikasi perjalanan seperti Google Maps atau aplikasi kupon lokal dapat membantu kamu menemukan tempat-tempat wisata dan restoran terbaik dengan harga terjangkau.

9. Pertimbangkan Aktivitas Gratis

Cari tahu tentang aktivitas gratis atau murah yang bisa kamu nikmati di destinasi, seperti taman, pantai, atau festival lokal.

10. Batasi Pengeluaran Harian

Setel batasan harian untuk pengeluaran kamu selama liburan dan usahakan untuk tidak melampaui batas tersebut. Ini akan membantu kamu dalam mengontrol anggaran.

11. Hindari Berlebihan dengan Souvenir

Pertimbangkan untuk membeli sedikit atau memilih souvenir yang lebih terjangkau untuk menghindari pengeluaran berlebihan.

12. Gunakan Poin atau Mil Kamu

Jika kamu memiliki kartu kredit yang menghasilkan poin atau mil, pertimbangkan untuk menggunakan mereka untuk tiket pesawat atau akomodasi.

Baca juga: Beras Merah: Tips dan Trik Memulai Bisnis Olahan Makanan

Dengan merencanakan liburan dengan bijak, kamu dapat menikmati waktu yang menyenangkan tanpa harus mengorbankan anggaran. Ingatlah bahwa berlibur hemat memerlukan perencanaan dan kesabaran, tetapi hasilnya bisa sangat memuaskan.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp