7 Ide Usaha Camilan Dari Beras Ketan, Ada Mango Stiky Rice

By. Eka Sari - 30 Oct 2023

Bagikan:
img

bisnisrakyat.id - Beras ketan sendiri merupakan salah satu jenis beras yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Beras ketan terkenal dengan teksturnya yang lembut dan lengket. Olahan makanan berbahan dasar ketan biasanya tidak dimakan sendiri seperti halnya nasi ketan utuh. Namun, sering kali disajikan sebagai bagian dari hidangan gurih dengan daging dan sayuran, atau dimaniskan dan disajikan sebagai hidangan penutup atau makanan.

Baca juga: Intip 9 Ide Bisnis Olahan Jagung Ala Korea

Beras ketan putih memiliki banyak potensi untuk diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman yang lezat dan sehat. Berikut adalah beberapa peluang bisnis olahan beras ketan yang dapat dijalankan:

1. Tape Ketan

Tape ketan adalah salah satu olahan makanan yang cukup laris di pasaran. Untuk memproduksi tape ketan, diperlukan mesin pencuci beras agar proses pencucian beras ketan menjadi lebih mudah dan cepat.

2. Lupis Ketan

Lupis termasuk jajanan pasar yang terbuat dari ketan dimasak dengan daun pisang seperti lontong. Cara penyajiannya adalah lupis diiris kecil-kecil kemudian disiram kuah gula aren kental dan parutan kelapa. Makanan ini tidak tahan lama sehingga setelah dihidangkan harus segera dimakan.

3. Ketan Susu

Makanan ini terbuat dari ketan yang dikukus matang kemudian diberi susu kental manis dan parutan kelapa. Salah satu kedai ketan susu legendaris adalah Pos Ketan Legenda 1967 yang terletak di dekat Alun-Alun Kota Batu, Jawa Timur. Di sana terdapat berbagai topping untuk ketan susu. Mulai dari keju, meises, bubuk kedelai hingga durian.

4. Bubur Ketan

Baca juga: Ide Bisnis Dengan Tongkol Jagung, Bisa Mendatangkan Untung Melimpah

Ketan yang sering digunakan untuk membuat bubur ini adalah ketan hitam. Sebelum dimasak, ketan hitam harus dicuci hingga bersih dan direndam air selama lima jam. Kemudian ketan dimasak bersama air, daun pkamun, gula dan garam secukupnya sampai mendidih dan meletup-letup. Ketan yang sudah matang kemudian disajikan dengan kuah santan yang telah direbus dengan daun pkamun dan garam.

5. Onde-Onde

Siapa yang tak kenal dengan onde-onde? Jajanan ini termasuk jajanan pasar yang paling populer di Indonesia. Onde-onde terbuat dari tepung ketan, gula, garam, air dan vanili yang dibentuk pipih kemudian diisi dengan kacang hijau yang telah dikukus hingga matang. Adonan kemudian dibulatkan, digulingkan dengan biji wijen dan digoreng.

6. Mango Stiky Rice

Jika di Indonesia lebih familiar dengan sajian ‘tansu’ (ketan susu) atau ketan durian maka negara tetangga kita, Thailand, lebih dulu melejitkan sajian mango sticky rice. Perpaduan nasi ketan yang disajikan dengan potongan buah mangga segar dan siraman saus santan kental, yang pasti akan memanjakan lidah anda. Sajian ini sangat populer diantara para wisatawan mancanegara sebagai street food khas negara gajah putih itu. Semua bahan-bahan sajian ini identik dengan negara tropis seperti mangga dan coconut milk atau santan, yang juga banyak ditemui di negara kita.

7. Mochi

Ini bukanlah makanan mochi ala Jepang, melainkan makanan mochi yang terkenal di seluruh Jawa Barat, khususnya daerah Bogor dan Sukabumi. Jajanan mochi terbuat dari tepung ketan yang dicampur bahan lain. Kemudian diuleni dan dibentuk menjadi roda-roda kecil. Isinya kacang di tengahnya. Beberapa makanan mochi diwarnai dengan pewarna makanan agar menarik. Jajanan ini biasanya dikemas dalam kotak yang terbuat dari anyaman bambu. Meski merupakan jajanan tradisional, jajanan sederhana dari ketan dapat dijadikan kreasi dan kreasi seiring perkembangan zaman.

Baca juga: Tambah Pundi Rupiah Dengan 7 Ide Bisnis Olahan Kunyit

Nah itu tadi beberapa ide usaha yang bisa dijasikan ide peluang bisnis olahan makanan yang berbahan dasar ketan. Bagaimana? Apakah kamu tertarik ingin mencobanya?




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp