8 Manfaat Kesehatan Sorgum, Alternatif Pengganti Beras dan Gandum

By. Eka Sari - 31 Oct 2023

Bagikan:
img

bisnisrakyat.id - Sorgum adalah biji-bijian yang kaya nutrisi dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat sorgum untuk kesehatan tubuh:

1. Menjaga Berat Badan Ideal

Sorgum termasuk makanan tinggi protein dan serat, sehingga bisa menekan nafsu makan berlebih dan membantu menjaga berat badan ideal.

Baca juga: Sorgum: 8 Fakta Menarik Alternatif Pengganti Beras

2. Mengontrol Tekanan Darah

Sorgum mengandung kalium yang dapat membantu mengontrol tekanan darah.

3. Mengurangi Risiko Terjadinya Penyakit Jantung

Sorgum mengandung antioksidan yang dapat membantu mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.

4. Mengatasi Penyakit Celiac

Salah satu manfaat utama sorgum adalah aman untuk dikonsumsi oleh orang yang menderita penyakit Celiac. Gluten, protein yang biasanya ada pada tepung, adalah penyebab utama penyakit ini. Seperti yang disebutkan sebelumnya, sorgum adalah sumber kalori bebas gluten, sehingga dapat menjadi pilihan makanan pokok yang lebih baik untuk mereka yang sensitif terhadap protein.

Tepung sorgum dapat digunakan untuk membuat roti, kue, dan makanan lainnya sebagai pengganti tepung terigu. Di sisi lain, kamu dapat menemukan makanan serupa yang terbuat dari tepung sorgum.kamu dapat memeriksa kemasan produk untuk mengetahui apakah produk tersebut bebas gluten.

5. Mengurangi Peradangan

Sorgum mengandung senyawa fenolik yang berfungsi sebagai antioksidan dan dapat mengurangi beberapa bentuk peradangan.

6. Mencegah Kanker

Baca juga: Mengenal Produksi Sorgum dan Beberapa Faktor Pengaruhnya

Khasiat yang satu ini berasal dari berbagai antioksidan sorgum, seperti tanin dan asam fenolat. Tanin, zat penyusun pigmen sorgum, memiliki kemampuan untuk mencegah enzim yang memicu pertumbuhan sel kanker payudara. Namun, asam fenolat dalam cantel, 3-Deoxyanthocyanidins (3-DXA), efektif dalam menghancurkan sel kanker dalam tubuh manusia. Jenis asam fenolat ini juga dapat mengurangi kemungkinan kanker usus. Asam fenolat ini, bagaimanapun, hanya ditemukan pada sorgum berwarna hitam.

7. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Sorgum kaya serat sehingga bisa memperlancar fungsi pencernaan tubuh secara keseluruhan dan menjaga saluran pencernaan terhindar dari sembelit, kram, kembung, sakit perut, kelebihan gas, dan diare.

8. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Sorgum merupakan sumber yang kaya magnesium, mineral yang penting untuk pembentukan tulang, kesehatan jantung, dan lebih dari 600 reaksi biokimia dalam tubuh, seperti produksi energi dan metabolisme protein.

Baca juga: Sorgum, Tanaman Alternatif Pengganti Beras dan Gandum

Sorgum juga mengandung nutrisi penting lainnya seperti protein, serat, kalsium, fosfor, dan zat besi yang lebih tinggi daripada beras, serta kandungan lemak dan gula yang lebih rendah. Oleh karena itu, sorgum bisa menjadi alternatif pengganti nasi yang kaya nutrisi dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, sebelum mengonsumsi sorgum, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi untuk mengetahui dosis yang tepat dan memastikan tidak ada efek samping yang berbahaya.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp