Sorgum: Alternatif Pengganti Gandum dan 5 Kelebihannya

By. Eka Sari - 31 Oct 2023

Bagikan:
img

bisnisrakyat.id - Nama sorgum akhir-akhir ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga orang Indonesia. Pasalnya, dengan berita harga mi instan yang akan meroket akibat naiknya harga gandum, banyak pihak yang mulai mencari alternatif pengganti gandum. Bahkan salah satu perusahaan produsen mi instan terbesar di Indonesia mulai merencanakan untuk menggunakan sorgum sebagai bahan pengganti gandum. Sorgum tergolong tanaman serealia, sorgum memiliki kandungan pati yang terlihat sama dengan tanaman gandum sehingga dapat menjadi bahan baku pengganti gandum.

Baca juga: Mengintip Untung Dari 5 Ide Bisnis Olahan Sorgum

Hingga saat ini Pemerintah tengah gencar mengembangkan sorgum sebagai bahan pangan nasional. Sejatinya, sorgum adalah tanaman yang berasal dari Afrika Timur. Sorgum adalah tanaman yang sejauh ini paling layak untuk menggantikan gandum yang hingga kini belum bisa dibudidayakan secara massal di Indonesia. Sebaliknya, sorgum adalah bijian-bijian yang bisa dengan mudah tumbuh di negara tropis.karena lebih tahan terhadap perubahan iklim serta membutuhkan lebih sedikit air.

Kelebihan Sorgum Dibanding Gandum

Sorgum memiliki beberapa keunggulan dibandingkan gandum, antara lain:

Baca juga: 8 Manfaat Kesehatan Sorgum, Alternatif Pengganti Beras dan Gandum

1. Ketahanan Terhadap Perubahan Iklim, Sorgum lebih tahan terhadap proyeksi perubahan iklim dan membutuhkan lebih sedikit air daripada gandum

2. Nilai Gizi, Sorgum kaya akan nutrisi alami, termasuk protein, serat, vitamin B, zat besi, fosfor, magnesium, tembaga, kalsium, seng, dan kalium. Sorgum juga rendah lemak dan merupakan sumber antioksidan yang baik

3. Bebas Gluten, Sorgum secara alami bebas gluten, sehingga menjadi alternatif yang aman bagi penderita penyakit Celiac dan intoleransi gluten

4. Keserbagunaan, Sorgum adalah tanaman multifungsi, dan hampir semua bagian tanaman dapat dimanfaatkan, menjadikannya tanaman tanpa limbah. Sorgum dapat digunakan sebagai sumber bahan baku alternatif untuk papan partikel, serta sumber energi terbarukan, pakan ternak, makanan manusia, dan bioetanol. Limbah sorgum juga dapat digunakan untuk memproduksi pupuk organik granular dan biopellet.

5. Manfaat Kesehatan, Sorgum telah terbukti memiliki efek anti-inflamasi dan anti-kanker, serta dapat melindungi dari diabetes dan resistensi insulin. Sorgum juga aman bagi penderita penyakit Celiac dan telah terbukti membantu mengelola kadar kolesterol. 

Baca juga: Sorgum: 8 Fakta Menarik Alternatif Pengganti Beras

Singkatnya, sorgum memiliki beberapa keunggulan dibandingkan gandum, termasuk ketahanan terhadap perubahan iklim, nilai gizi, bebas gluten, serbaguna, dan manfaat kesehatan. Keunggulan-keunggulan ini menjadikan sorgum sebagai alternatif yang berharga untuk gandum dan tanaman yang menjanjikan untuk masa depan.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp