Ingin Wajah Cerah Alami, Ini Dia 5 Khasiat Jahe Untuk Wajah Cantikmu

By. Eka Sari - 01 Nov 2023

Bagikan:
img

bisnisrakyat.id - Seperti kita ketahui, jahe merupakan tanaman rempah yang mempunyai banyak fungsi. Salah satunya menghangatkan tubuh. Tapi bukan itu saja, lho. Jahe juga mempunyai banyak khasiat yang bermanfaat untuk kulit wajah,

Meski mengandung antioksidan dan antiseptik yang baik untuk kulit wajah, jahe juga memiliki sifat keras yang dapat membuat kulit wajah menjadi panas. Jadi sebaiknya bagi yang memiliki wajah sensitif menghindari penggunaan jahe pada kulit wajah. Jahe memiliki beberapa manfaat untuk kulit wajah, antara lain:

Baca juga: Cuan Deras Dengan 5 Ide Bisnis Olahan Temulawak

1. Mengangkat Sel Kulit Mati

Jahe dapat digunakan sebagai bahan untuk mengangkat sel kulit mati. Jahe dihaluskan dengan cara diparut, kemudian hasil parutan jahe dioleskan dan sedikit digosok pada permukaan kulit wajah sebagai scrub.

2. Mengatasi Kulit Terbakar Akibat Sinar Matahari

Jahe dimanfaatkan sebagai pereda sunburn atau kondisi kulit yang terbakar akibat terkena paparan sinar matahari yang cukup lama. Biasanya kulit yang terpapar sinar matahari akan tampak merah dan terasa perih. Kondisi ini bisa diatasi dengan menggunakan air perasan jahe maupun parutan jahe untuk meredakan rasa panas dan dampak kemerahan pada kulit akibat paparan sinar matahari.

3. Melembapkan Kulit

Baca juga: Untung Besar Dengan 6 Ide Bisnis Dari Olahan Jahe

Jahe juga bisa digunakan sebagai bahan untuk melembabkan kulit kering. Kandungan yang terdapat dalam jahe mampu memberikan kelembapan alami kulit, termasuk kulit wajah. Hal ini bisa didapatkan secara maksimal jika dilakukan dengan rutin. Selain itu juga perlu diimbangi dengan konsumsi air yang cukup agar kulit makin terhidrasi dengan baik.

4. Mencerahkan Kulit

Jahe dapat membantu mencerahkan kulit wajah. Jahe mengandung gingerol yang dapat melawan radikal bebas penyebab kerusakan kulit, dan juga bisa meratakan warna kulit. Jahe juga bisa digunakan sebagai scrub wajah secara rutin untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk pada wajah.

5. Mengatasi Jerawat

Jahe mengandung anti-inflamasi yang ampuh dalam mengatasi jerawat. Jahe dapat membantu jerawat agar kering lebih cepat. Selain itu, jahe juga dapat membantu mengurangi kerutan dan mencegah kerusakan elastin yang merupakan salah satu penyebab utama kerutan dan garis halus.

Baca juga: 9 Tantangan Bisnis Olahan Tahu, Yang Harus Kamu Tahu

Dalam menggunakan jahe untuk perawatan kulit wajah, perlu diingat untuk menggunakannya dengan hati-hati dan tidak berlebihan. Jahe yang digunakan harus dalam kondisi segar dan bersih. Selain itu, perlu juga dilakukan tes pada kulit terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada reaksi alergi atau iritasi pada kulit.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp