Cukupi Asupan Vit C Untuk Jaga Kesehatan Tubuh di Cuaca Panas Ekstrem

By. Eka Sari - 02 Nov 2023

Bagikan:
img

bisnisrakyat.id - Vitamin C merupakan nutrisi penting yang berperan penting dalam menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit dan infeksi. Selama cuaca panas ekstrem, tubuh mungkin mengalami stres tambahan, sehingga mengonsumsi vitamin C dalam jumlah yang cukup menjadi semakin penting.

Baca juga: 7 Tips Penting Tingkatkan Daya Tarik Makanan Khas Daerah

Alasan Mengapa Vitamin C Bermanfaat Saat Cuaca Panas Ekstrem

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh, Vitamin C merangsang produksi sel darah putih yang bertugas melawan virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Mengonsumsi makanan kaya vitamin C dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari penyakit, terutama saat kondisi cuaca ekstrem.

2. Bertindak Sebagai Antioksidan, Vitamin C merupakan antioksidan kuat yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, yaitu molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan penyakit kronis. Selama cuaca panas yang ekstrem, tubuh mungkin lebih terpapar stres oksidatif, sehingga mengonsumsi makanan kaya vitamin C menjadi lebih penting untuk menetralisir radikal bebas dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

3. Mendukung Produksi Kolagen, Kolagen adalah protein yang berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit, tulang, dan jaringan ikat. Vitamin C sangat penting untuk produksi kolagen, dan mengonsumsi vitamin C dalam jumlah yang cukup dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan terhidrasi, terutama saat cuaca panas ekstrem.

Dan untuk memastikan kamu mendapatkan cukup vitamin C selama cuaca panas ekstrem, pertimbangkan untuk memasukkan makanan kaya vitamin C ke dalam makanan yang kamu konsumsi.

Baca juga: Tingkatkan Pemasaran Makanan Khas Daerah Dengan 8 Strategi Ini

Sumber Vitamin C Yang Baik Untuk Dikonsumsi Saat Cuaca Panas Ekstrem

1. Stroberi, Satu cangkir stroberi mengandung setidaknya 89 mg vitamin C, yang dapat memenuhi 99% kebutuhan asupan vitamin C harian.

2. Lemon, Buah lemon mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan tubuh.

3. Jeruk, Buah jeruk kaya akan vitamin C dan dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang berfungsi melawan virus dan bakteri.

4. Paprika, Paprika memiliki kandungan vitamin C tiga kali lebih banyak dari jeruk dan juga mengandung beta karoten yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Brokoli, Brokoli merupakan sayuran yang kaya akan vitamin dan mineral, termasuk vitamin C.

Baca juga: Ingin Wajah Cerah Alami, Ini Dia 5 Khasiat Jahe Untuk Wajah Cantikmu

Selain itu, air kelapa juga mengandung vitamin C yang bersifat antioksidan dan dapat membantu sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi yang diakibatkan oleh virus, bakteri, atau jamur. Jadi, mengonsumsi air kelapa juga bisa menjadi pilihan yang baik saat cuaca panas ekstrem.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp