Atasi Lonjakan Gula Derah Dengan Tips Ini

By. Eka Sari - 02 Nov 2023

Bagikan:
img

bisnisrakyat - Sangat penting untuk mengetahui cara menurunkan gula darah, terutama bagi mereka yang berisiko terkena penyakit kencing manis. Tujuannya adalah untuk menjaga kadar glukosa darah tetap stabil, yang akan membantu untuk mencegah penyakit gula sejak dini.

Ada sejumlah faktor yang dapat memicu tingginya kadar gula darah. Salah satunya adalah gaya hidup yang tidak sehat. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu mencegah lonjakan gula darah:

Baca juga: Cukupi Asupan Vit C Untuk Jaga Kesehatan Tubuh di Cuaca Panas Ekstrem

1. Makan Secara Teratur, Hindari melewatkan waktu makan, karena hal ini dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah pada waktu makan berikutnya.

2.  Pilih Karbohidrat Dengan Indeks Glikemik Rendah, Makanan dengan indeks glikemik rendah tidak menyebabkan kadar gula darah melonjak cepat. Contohnya adalah sayuran hijau, kacang merah, wortel, dan oat.

3. Kombinasikan Makanan Dengan Serat, Serat dapat membantu mengontrol penyerapan gula dalam darah. Kombinasikan makanan yang mengandung karbohidrat dengan serat, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

4. Hindari Makanan Manis dan Minuman Yang Mengandung Gula, Gula dalam makanan dan minuman manis dapat langsung meningkatkan kadar gula darah. Pilihlah makanan dan minuman yang rendah gula atau tanpa gula tambahan.

Baca juga: Tips Tingkatkan Daya Tarik Makanan Daerah ke Pasaran Luar

5. Kontrol Porsi Makan, Membagi makanan menjadi porsi yang lebih kecil dan lebih sering sepanjang hari dapat membantu mencegah lonjakan tajam dalam gula darah.

6. Minum Air Yang Cukup, Air membantu mengeluarkan kelebihan gula dari aliran darah. Minumlah air putih, air kelapa, atau minuman tanpa pemanis untuk menjaga hidrasi dan mengurangi kemungkinan lonjakan gula darah.

7. Lakukan Aktivitas Fisik Secara Teratur, Berolahraga dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Cobalah untuk berjalan kaki, bersepeda, atau melakukan aktivitas fisik lainnya setidaknya 30 menit setiap hari.

8. Pantau Kadar Gula Darah Secara Teratur, Memantau kadar gula darah sebelum dan sesudah makan dapat memberikan wawasan berharga tentang bagaimana makanan tertentu memengaruhi gula darah. Dengan informasi ini, Kamu dapat membuat pilihan yang tepat dalam pola makan dan pengobatan.

Baca juga: Tingkatkan Pemasaran Makanan Khas Daerah Dengan 8 Strategi Ini

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menurunkan gula darah secara sehat dan mencegah diabetes. Mulai dari berolahraga secara rutin, hingga menambahkan bahan tertentu ke dalam makanan.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp