8 Manfaat Nasi Jagung, Makanan Khas Indonesia Timur

By. Eka Sari - 03 Nov 2023

Bagikan:
img

bisnisrakyat.id - Nasi jagung merupakan makanan khas Indonesia Timur yang terbuat dari biji jagung tua atau jagung pipil, memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh. Dibandingkan nasi putih biasa, nasi jagung mengandung lebih banyak nutrisi. Oleh karena itu, nasi jagung bisa dikatakan lebih sehat dibandingkan nasi putih. Berikut adalah beberapa manfaat nasi jagung, yang sayang untuk dilewatkan.

Baca juga: Mata Sehat Saat Bekerja Depan Monitor, Dengan 9 Tips Ini

1.Memberikan Energi Pada Tubuh

Nasi jagung berfungsi sebagai sumber energi rendah kalori karena kaya akan karbohidrat dan serat. Tubuh memecah karbohidrat dalam jagung menjadi glukosa. Glukosa atau gula darah merupakan sumber energi utama bagi sel, jaringan, dan organ tubuh. Kandungan seratnya juga dapat membantu Kamu merasa kenyang lebih lama. Namun, penting untuk tetap mengonsumsi nasi jagung bersama makanan bergizi lainnya.

2. Menjaga Berat Badan Ideal

Makanan kaya serat membantu Kamu merasa kenyang lebih lama. Hal ini karena tubuh tidak dapat mencerna seluruh serat. Selama proses pencernaan, serat larut pada jagung akan membentuk zat seperti gel yang bertahan lama di perut. Jika Kamu merasa kenyang lebih lama, nafsu makan Kamu akan berkurang dan Kamu akan makan lebih sedikit. Ini pasti akan membantu Kamu jika ingin menjaga atau menurunkan berat badan.

3. Mengontrol Gula Darah

Nasi jagung mengandung serat yang membantu mengontrol kadar gula darah. Serat, terutama serat larut, dapat memperlambat pengosongan lambung dan penyerapan gula. Berkat itu, kadar gula darah tidak akan meningkat secara tiba-tiba. Oleh karena itu, nasi jagung sering direkomendasikan sebagai pengganti nasi putih bagi penderita diabetes tipe 2.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Nasi jagung juga kaya akan fosfor yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang. Fosfor merupakan mineral penting dan ditemukan secara alami dalam makanan.Mineral ini juga merupakan komponen utama tulang, gigi, DNA dan RNA.Jika tubuh kekurangan fosfor (hipofosfatemia), Kamu berisiko mengalami kelemahan otot dan pengeroposan tulang.

Baca juga: Mau Liburan Tapi Takut Mahal, Cek Tips Liburan Hemat Disini

5. Menjaga Kesehatan Mata

Nasi jagung juga mengandung lutein dan zeaxanthin yang merupakan senyawa karotenoid yang penting untuk kesehatan mata. Kedua senyawa yang terdapat pada jagung ini berperan penting dalam melindungi mata dari kerusakan akibat sinar UV dan radikal bebas. Selain itu, lutein dan zeaxanthin membantu meningkatkan pigmentasi  mata, terutama di area kuning retina. Inilah mengapa nasi jagung bermanfaat bagi kesehatan mata.

6. Mencegah Terbentuknya Batu Ginjal

Karena kandungan kaliumnya yang tinggi, nasi jagung mempunyai kemampuan mencegah terbentuknya batu ginjal bila dikonsumsi dalam batas wajar. Rendahnya kalium dapat mengganggu penyerapan kalsium oleh ginjal. Akibatnya, ekskresi (penghilangan) kalsium melalui urin meningkat dan ada kemungkinan terbentuknya kristal di ginjal. Jagung dan beras mengandung potasium yang dapat membantu penyerapan produk limbah seperti kalsium melalui urin sehingga mencegah batu ginjal.

7. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Nasi jagung penting untuk kesehatan jantung karena tinggi serat dan rendah lemak jenuh. Serat membantu menurunkan kolesterol jahat sehingga menjaga keseimbangan kolesterol darah. Beras Jagung juga mengandung fitonutrien seperti beta-sitosterol yang membantu menurunkan kadar kolesterol. Kombinasi serat dan fitonutrien ini mendukung kesehatan pembuluh darah, mengurangi risiko plak arteri, dan menjaga tekanan darah.

8. Mendukung Fungsi Otak Beras Jagung

Baca juga: Sehat Dengan 12 Manfaat Yang Terkandung Dalam Buah Mangga

Bermanfaat dalam mengoptimalkan fungsi otak karena kandungan vitamin B1 (tiamin) yang tinggi. Vitamin B1 berperan dalam menjaga kesehatan sistem saraf dan membantu mengubah glukosa menjadi energi untuk otak. Selain itu, kekurangan tiamin dapat meningkatkan risiko masalah neurologis, seperti demensia.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp