Manfaat Buah Zaitun Nutrisi

By. Eka Sari - 20 Dec 2023

Bagikan:
img

bisnisrakyat.id - Buah zaitun, terkenal dengan rasa yang khas dan keberlimpahannya dalam berbagai masakan Mediterania, tidak hanya mengundang dalam hidangan, tetapi juga memberikan sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. Dikenal karena kandungan lemak sehat dan antioksidan, zaitun menjadi pilihan yang cerdas untuk diperkenalkan ke dalam pola makan sehari-hari. Berikut adalah sembilan manfaat buah zaitun yang patut untuk diketahui. 

Baca juga: Menentukan Prioritas: Revenue vs. Mempelihara Merek

1. Sumber Lemak Sehat yang Menguntungkan Jantung

Buah zaitun dikenal kaya akan lemak tak jenuh tunggal, seperti asam oleat. Lemak jenis ini terbukti mengurangi risiko penyakit jantung dan membantu menjaga kesehatan kardiovaskular.

2. Antioksidan Tinggi: Perlindungan dari Radikal Bebas

Kandungan polifenol dalam buah zaitun menjadikannya sumber antioksidan yang kuat. Antioksidan ini melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada proses penuaan.

3. Menjaga Kesehatan Otak

Kandungan oleocanthal dalam zaitun memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu melindungi otak dari penyakit degeneratif seperti Alzheimer dan penyakit Parkinson.

4. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Minyak zaitun sering digunakan dalam produk perawatan kulit karena sifatnya yang melembapkan dan antiinflamasi. Konsumsi buah zaitun juga dapat membantu meningkatkan kelembapan dan elastisitas kulit.

Baca juga: Meningkatkan Efisiensi Sumber Daya Bisnis: Menggali Potensi 7M

5. Mendukung Pengelolaan Berat Badan

Meskipun mengandung lemak, buah zaitun dapat membantu dalam manajemen berat badan karena kekayaannya akan lemak sehat yang membuat  merasa kenyang lebih lama.

6. Menurunkan Risiko Kanker

Kandungan antioksidan dalam zaitun diyakini memiliki efek perlindungan terhadap risiko terjadinya beberapa jenis kanker, terutama kanker payudara dan usus.

7. Mendukung Kesehatan Mata

Beta-karoten dan vitamin A dalam zaitun baik untuk kesehatan mata. Mereka dapat membantu mencegah penyakit mata terkait usia, seperti degenerasi makula.

8. Menjaga Kesehatan Tulang

Zaitun mengandung senyawa-senyawa yang mendukung kesehatan tulang, seperti kalsium dan fosfor. Konsumsi secara teratur dapat membantu mempertahankan kepadatan tulang.

9. Menyediakan Energi dan Nutrisi

Buah zaitun mengandung sejumlah nutrisi penting seperti zat besi, serat, kalsium, dan vitamin E, yang semuanya penting untuk menjaga tubuh tetap sehat dan berenergi.

Baca juga: Pemasaran Makanan Kemasan Menarik Perhatian Konsumen

Menambahkan buah zaitun ke dalam pola makan sehari-hari dapat memberikan manfaat kesehatan yang signifikan. Namun, sebaiknya tetap konsultasikan dengan ahli gizi untuk menyesuaikan asupan sesuai kebutuhan individu.




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp