Cara untuk Mengambil Daging Kepiting dari Cangkangnya

By. Nevanda - 20 Jul 2023

Bagikan:
img

bisnisrakyat.id - Memisahkan daging kepiting dari cangkangnya bisa jadi sedikit rumit, tetapi dengan sedikit kesabaran dan teknik yang tepat, Anda bisa melakukannya dengan efektif. Berikut ini adalah panduan langkah demi langkah untuk membantu Anda:


Catatan: Sangat penting untuk memastikan bahwa kepiting sudah matang sebelum mencoba mengeluarkan daging dari cangkangnya.


1.    Masak kepiting
Ada beberapa metode untuk memasak kepiting, seperti merebus, mengukus, atau memanggang. Pilihlah metode yang Anda sukai, tetapi pastikan kepiting benar-benar matang sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.


2.    Biarkan kepiting menjadi dingin
Setelah kepiting matang, biarkan kepiting mendingin hingga mencapai suhu yang dapat diatur. Ini akan membantu Anda memegang kepiting dan membuat dagingnya lebih mudah dikeluarkan.

 

Baca juga: 8 Hidangan dengan Campuran Tinta Cumi yang Menggugah Selera


3.    Lepaskan capitnya
Mulailah dengan melepaskan capit dari tubuh kepiting. Putar dan tarik capit secara perlahan dari tubuh kepiting hingga terlepas.


4.    Pecahkan capit
Gunakan alat pemecah kepiting atau pemecah kacang yang kokoh untuk memecahkan capit. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengambil daging di dalamnya. Berhati-hatilah untuk tidak menggunakan terlalu banyak tenaga agar tidak menghancurkan dagingnya.


5.    Keluarkan daging capit
Gunakan garpu kecil untuk mengambil daging dari capit yang retak dengan hati-hati. Mungkin perlu sedikit usaha, tetapi untuk daging kepiting yang lezat akan usaha ini akan sepadan.


6.    Pisahkan tubuhnya
Pegang kepiting dengan satu tangan dan cangkang utama dengan tangan lainnya. Putar dan tarik tubuh kepiting secara perlahan dari cangkangnya untuk memisahkannya.

 

Baca juga: 8 Ciri-ciri Ikan yang Sudah Tidak Layak Konsumsi


7.    Bersihkan rongga tubuh
Setelah memisahkan tubuh kepiting, Anda akan menemukan insang dan jeroan lainnya. Buang dan pisahkan semua itu untuk memperlihatkan daging utama kepiting.


8.    Ekstrak daging tubuh
Gunakan garpu atau jari-jari Anda untuk mengambil daging dari tubuh kepiting. Teliti, karena ada banyak daging lezat yang tersembunyi di sudut dan celah kepiting.


9.    Pecahkan cangkang utama
Cangkang utama mengandung banyak daging yang sulit dijangkau. Gunakan alat pemecah cangkang kepiting atau pisau untuk memecahkan cangkangnya, berhati-hatilah agar tidak merusak daging di dalamnya.


10.    Pisahkan daging yang tersisa
Setelah cangkang utama dipecahkan, gunakan garpu untuk mengeluarkan sisa daging dari celah-celahnya.


11.    Selamat menikmati daging kepiting 
Setelah Anda memisahkan semua daging dari cangkangnya, Anda dapat menggunakannya dalam berbagai hidangan atau menikmatinya sendiri dengan mentega cair atau saus cocolan favorit Anda.


Memasak kepiting bisa jadi sedikit merepotkan, tetapi rasa daging kepiting segar akan sepadan dengan usaha Anda!

 

Baca juga: 8 Ide Olahan Istimewa dari Telur Ikan




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp