Handphonemu Cepat Rusak? Ikuti Tips Merawat Handphone Berikut Ini!

By. Novian - 22 Jul 2023

Bagikan:
img

bisnisrakyat.id - Handphone atau smartphone telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari kita. Karena perangkat ini memiliki peran yang vital dalam kegiatan sehari-hari, penting bagi kita untuk merawatnya dengan baik agar tetap awet dan berkinerja optimal. Berikut adalah beberapa tips untuk merawat handphone Anda dengan baik:

Baca juga: Pengertian, Ciri, dan Cara Mengatasi Spyware

Gunakan Pelindung Layar dan Casing

Pasang pelindung layar untuk mencegah goresan dan debu masuk ke layar ponsel. Selain itu, gunakan casing berkualitas yang akan melindungi seluruh perangkat dari benturan dan jatuh.

Hindari Suhu Ekstrem

Jauhkan handphone Anda dari suhu ekstrem, baik itu panas yang berlebihan atau dingin yang ekstrem. Suhu yang ekstrem dapat merusak baterai dan menyebabkan kerusakan lain pada perangkat.

Jaga Kondisi Baterai

Jangan biarkan baterai terlalu lama terisi penuh atau benar-benar habis. Cobalah untuk menjaga level baterai antara 20% hingga 80% untuk memperpanjang umur baterai. Hindari juga pengisian semalaman yang dapat menyebabkan overheating.

Perbarui Perangkat Lunak

Selalu perbarui sistem operasi dan aplikasi Anda ke versi terbaru. Pembaruan ini seringkali mengandung perbaikan bug dan peningkatan kinerja yang penting untuk menjaga stabilitas ponsel Anda.

Bersihkan secara Rutin

Bersihkan layar, bagian luar, dan port ponsel secara rutin dari debu, kotoran, atau sisa-sisa makanan. Gunakan kain lembut atau lap mikrofiber untuk membersihkannya.

Baca juga: Apa Saja Kelebihan & Kekurangan LINUX? Cek Berikut Ini

Batasi Penggunaan Aplikasi Berat

Penggunaan aplikasi berat seperti game atau aplikasi multimedia yang membutuhkan banyak daya dapat menyebabkan ponsel menjadi panas dan mempercepat penggunaan baterai. Gunakan dengan bijaksana dan tutup aplikasi yang tidak digunakan.

Matikan Ponsel Saat Tidak Digunakan

Jika mungkin, matikan ponsel Anda ketika tidur atau tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama. Ini memberi perangkat Anda istirahat dan mengurangi beban baterai.

Gunakan Koneksi Internet dengan Bijaksana

Jika Anda menggunakan paket data seluler, batasi penggunaan streaming video dan unduhan besar untuk menghindari penggunaan data yang berlebihan. Lebih baik gunakan koneksi Wi-Fi jika tersedia.

Hindari Benturan dan Jatuh

Usahakan untuk tidak menjatuhkan atau menabrakkan ponsel Anda. Benturan dan jatuh dapat merusak bagian dalam ponsel yang tidak terlihat.

Gunakan Carger Asli

Selalu gunakan charger dan aksesori resmi yang direkomendasikan oleh produsen ponsel Anda. Penggunaan aksesori yang tidak sah dapat merusak baterai dan bahkan menyebabkan kerusakan permanen pada ponsel.

Baca juga: Cara Kerja DOS yang Perlu Kamu Ketahui!




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp