Cara Membersihkan Udang agar Rasa Udang Lebih Enak

By. Nevanda - 24 Jul 2023

Bagikan:
img

bisnisrakyat.id - Istilah deveining pada pembersihan udang adalah sebuah proses sederhana yang melibatkan pembuangan saluran pencernaan, yang juga dikenal sebagai "vein". Saluran pencernaan udang ini dapat kalian temukan dibagian belakang udang. Meskipun tidak berbahaya untuk memakan saluran pencernaan udang, terkadang saluran pencernaan itu mengandung kotoran atau menjadikan penampilan udang tidak menarik.


Berikut ini adalah panduan langkah demi langkah tentang cara membuang saluran pencernaan udang:

 

Baca juga: Coba Resep Ini untuk Membuat Sup Kepiting


1.    Siapkan udang
Jika udang kalian masih beku, cairkan di dalam lemari es semalaman atau di bawah air dingin yang mengalir. Pastikan udang sudah benar-benar mencair sebelum melanjutkan. Buang kulit atau cangkangnya, biarkan ekornya tetap utuh jika kalian mau.


2.    Buat sayatan yang dangkal
Letakkan udang di atas talenan dengan bagian belakang (atau "atas") menghadap ke atas. Ambil pisau pengupas yang tajam untuk membuat sayatan dangkal di sepanjang punggung dari kepala hingga ekor. Jangan menyayat terlalu dalam bentuk udang masih tetap bagus.


3.    Temukan saluran pencernaan
Setelah membuat sayatan dangkal, kalian akan melihat garis gelap, terkadang hitam, yang membentang di sepanjang punggung udang. Ini adalah saluran pencernaan udang yang harus kalian buang.

 

Baca juga: Inilah Tahapan dalam Pembuatan Tepung Ikan


4.    Buang saluran pecernaan tersebut
Ada beberapa cara untuk menghilangkan saluran pencernaan udang:

  • Menggunakan pisau: Angkat saluran pencernaan secara perlahan dengan ujung pisau. Kalian dapat menggunakan pisau untuk mengangkat seluruh vena secara utuh atau menariknya keluar dengan jari-jari kalian jika lebih mudah diambil.
  • Menggunakan gunting dapur: Masukkan ujung gunting di bawah vena dan angkat keluar.


5.    Bilas udang
Setelah kalian membuang saluran pencernaannya, bilas udang dengan air dingin yang mengalir untuk membersihkan sisa-sisa kotoran.


6.    Tepuk-tepuk hingga kering
Gunakan tisu dapur untuk menepuk-nepuk udang hingga kering sebelum dimasak.

 

Selesai! Sekarang udang kalian bersih dan siap untuk dimasak dengan resep favorit kalian. Membuang saluran pencernaan udang adalah salah satu upaya untuk memastikan rasa dan penyajian terbaik, terutama jika kalian menyiapkannya untuk hidangan khusus atau tamu.

 

Baca juga: 3 Keunggulan Rawai sebagai Alat Penangkap Ikan




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp