Kenali 11 Elemen Dekorasi Menarik pada Aquascape

By. Nevanda - 05 Aug 2023

Bagikan:
img

bisnisrakyat.id - Ada beberapa elemen atau bahan yang digunakan untuk membuat aquascape yang menarik dan indah. Berikut adalah beberapa di antaranya:


1.    Akuarium
Akuarium adalah wadah utama untuk menampung aquascape. Pilih ukuran dan bentuk yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda.


2.    Tanaman Air
Tanaman air adalah elemen utama dalam aquascape. Pilih tanaman yang sesuai dengan gaya dan tingkat kesulitan aquascape Anda. Beberapa contoh tanaman air populer termasuk Java Moss, Anubias, Cryptocoryne, dan Eleocharis.


3.    Hardscape
Hardscape adalah elemen keras yang membentuk struktur dan tata letak di dalam akuarium. Ini termasuk batu alam, kayu apung, akar, atau bahan lain yang menambah dimensi visual pada aquascape.


4.    Substrat
Substrat adalah lapisan dasar di dasar akuarium yang berfungsi sebagai media penanaman untuk tanaman air. Substrat khusus untuk akuarium seperti aquasoil atau pasir dapat digunakan untuk mendukung pertumbuhan tanaman.

 

Read also: Ketahui 8 Seafood yang Berpotensi Mengandung Logam Berat


5.    Pencahayaan
Pencahayaan yang tepat sangat penting untuk fotosintesis tanaman air. Gunakan pencahayaan yang sesuai dengan jenis tanaman yang Anda tanam dan kebutuhan akuarium Anda.


6.    Sistem Filtrasi
Sistem filtrasi membantu menjaga kualitas air di akuarium. Filter mekanik, biologis, dan kimia dapat digunakan untuk menghilangkan kotoran dan zat-zat berbahaya dari air.


7.    CO2
Penggunaan CO2 dalam bentuk cair atau gas membantu meningkatkan pertumbuhan tanaman. CO2 adalah nutrisi penting bagi tanaman untuk fotosintesis.


8.    Pupuk
Pupuk khusus untuk akuarium mengandung nutrisi tambahan yang diperlukan tanaman untuk pertumbuhan yang sehat.

 

Read also: 10 Cara Memasak Lobster ke dalam Berbagai Hidangan


9.    Ikan dan Hewan Akuatik 
Pilih ikan dan hewan akuatik yang cocok dengan akuarium Anda. Pastikan untuk memperhatikan kebutuhan dan keselamatan ikan dan hewan tersebut.


10.    Alga
Meskipun alga bisa menjadi gangguan, namun beberapa aquascaper sengaja menambahkan jenis alga tertentu sebagai bagian dari elemen desain aquascape mereka.


11.    Dekorasi
Beberapa aquascaper juga menambahkan dekorasi tambahan seperti patung, miniatur, atau elemen lain untuk menambahkan sentuhan personal pada tampilan aquascape.


Setiap elemen tersebut dapat dikombinasikan dengan kreativitas dan pengetahuan untuk menciptakan tampilan aquascape yang unik dan indah. Selalu perhatikan keseimbangan dan keharmonisan antara elemen-elemen tersebut agar menciptakan taman bawah air yang menakjubkan dan sehat.

 

Read also: Ciri-Ciri Fisik Tuna Sirip Kuning yang Mengesankan




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp