Mau Beli Ruko? Cek 9 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Ruko

By. Eka Sari - 04 Jan 2024

Bagikan:
img

bisnisrakyat.id - Membeli ruko, terutama untuk kebutuhan bisnis, merupakan keputusan penting yang memerlukan pertimbangan matang. Ruko, atau rumah toko, biasanya digunakan untuk kegiatan usaha seperti toko, kantor, atau restoran. Sebelum mengambil keputusan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar investasi memberikan hasil yang optimal.

Baca juga: 6 Tips Ampuh Raih Kesuksesan Digital Marketing

1. Lokasi Strategis

Pastikan lokasi ruko strategis dan sesuai dengan jenis usaha yang akan jalankan. Pertimbangkan faktor-faktor seperti aksesibilitas, kepadatan penduduk, dan keberadaan pesaing di sekitar.

2. Infrastruktur Sekitar

Periksa ketersediaan infrastruktur di sekitar ruko, termasuk fasilitas transportasi, parkir, dan fasilitas umum lainnya. Hal ini dapat memengaruhi daya tarik dan kenyamanan bagi pelanggan atau karyawan.

3. Harga Pasar dan Kondisi Finansial

Analisis harga pasar properti di daerah tersebut dan sesuaikan dengan kondisi finansial. Hindari membuat keputusan tergesa-gesa tanpa mempertimbangkan nilai pasar dan potensi pertumbuhan nilai properti di masa mendatang.

4. Kondisi Bangunan

Periksa kondisi fisik bangunan secara menyeluruh. Pastikan tidak ada kerusakan serius dan perhatikan kebutuhan perbaikan atau renovasi yang mungkin diperlukan. Hal ini dapat memengaruhi biaya tambahan yang harus tanggung.

Baca juga: Menjelajahi Peluang Kolaborasi dan Jaringan Bisnis Melalui Bergabung ke Komunitas

5. Peruntukan Zonasi

Pastikan ruko sesuai dengan peruntukan zonasi yang berlaku. Setiap daerah memiliki peraturan yang berbeda terkait penggunaan properti, dan perlu memastikan bahwa usaha dapat beroperasi sesuai regulasi setempat.

6. Fasilitas Pendukung

Periksa ketersediaan fasilitas pendukung seperti listrik, air bersih, dan saluran pembuangan. Pastikan fasilitas ini memadai untuk mendukung operasional bisnis tanpa kendala.

7. Perjanjian Kontrak

Teliti dan pahami dengan baik perjanjian kontrak sewa atau pembelian. Pastikan tidak ada ketentuan yang merugikan dan pastikan hak dan kewajiban kedua belah pihak sudah diatur dengan jelas.

8. Potensi Pertumbuhan Nilai Properti

Pertimbangkan potensi pertumbuhan nilai properti di masa depan. Apakah daerah tersebut memiliki rencana pengembangan yang dapat meningkatkan nilai properti seiring waktu?

9. Konsultasi dengan Ahli Properti

Jika tidak yakin atau kurang berpengalaman dalam hal properti, konsultasikan dengan ahli properti atau agen real estate. Mereka dapat memberikan panduan dan informasi yang berharga.

Baca juga: Memilih Aplikasi Point of Sales yang Tepat untuk UMKM: Rekomendasi Terbaik

Dengan memperhatikan hal-hal di atas, dapat membuat keputusan yang lebih terinformasi dan mengurangi risiko dalam investasi properti. Selamat mencari dan membeli ruko yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan bisnis!




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp