Kamu Harus Tau 5 Cara Sederhana Awetkan Cabai

By. Arso - 01 Aug 2023

Bagikan:
img

Bisnisrakyat.id – Cabai merupakan salah satu komoditas pertanian yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Sebagai komoditas pertanian, cabai memiliki harga yang fluktuatif. Lalu bagaimana kita menyikapi kemungkinna lonjakan harga cabai ? Kita dapat menyiapkan awetan cabai ketika harga cabai masih murah. Berikut ini cara sederhana membuat awetan cabai.

Baca juga: 5 Rekomendasi Merk Obat Tetes Mata yang Tersedia di Apotek

1. Dikeringkan

Pengeringan cabai dpaat dilakukan dengan tiga cara yakni dijemur dengan panas matahari, menggunakan oven maupun microwave. Penjemuran dibawah terik matahari bisa meakan waktu hingga berhari-hari tergantung tingkat kecerahan ketika dijemur. Sedangkan ketika kita menggunakan oven maupun microwave kita dapat menghemat waktu pengeringan. Ketika melakukan pengeringan sebaiknya buah cabai dibelah jadi dua bagian dan sisi bagian biji cabai menghadap atas. Cabai yang sudah kering dapat langsung disimpan pada wadah kedap udara maupun dihaluskan terlebih dahulu.

2. Dibekukan

Cuci bersih cabai dan buang tangkainya. Cabai yang sudah bersih kemudian dimasukkan dalam plastic lalu bekukan dalam freezer. Cabai beku dapan disimban selama beberapa minggu dan siap digunakan kapanpun diperlukan.

3. Cabai Pasta

Bila ingin sekalian menjadikan cabai sebagai bumbu memasak sederhana, kita bisa menghaluskan cabai lalu ditumis dengan sedikit minyak sampai matang. Selain ditumis, alternatif lainnya adalah dengan mengukus cabai yang sudah dihaluskan. Kita bisa menyimpan pasta cabai ini dalam wadah tertutup untuk digunakan kapan pun kita membutuhkannya.

Baca juga: 10 Fakta Menarik tentang Kerang Mutiara

4. Asinan

Cukup mudah membuat asinan cabai ini. Tinggal potong cabai memanjang, lalu masukkan dalam wadah dengan tambahan cuka, gula, air matang, dan garam secukupnya. Setelah itu, simpan dalam lemari pendingin. Asinan cabai ini bisa kita gunakan untuk ditambahkan ke berbagai jenis makanan yang akan kita masak.

5. Diawetkan dengan Minyak Zaitun

Cara mengawetkan cabai berikutnya adalah dengan memasukkan cabai pada minyak zaitun. Sebelum cabai dimasukkan dalam minyak zaitun, cabai dipotong lalu dipanggang dengan oven atau wajan anti lengket hingga cukup matang. Angkat lalu dinginkan kemudian masukkan dalam toples berisi minyak zaitun.

Nah itu tadi tips untuk mengawetkan cabai secara sederhana yang dapat kamu coba. Semoga bermanfaat !

Baca juga: 6 Manfaat Sirup Agave sebagai Pengganti Gula




Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp